Honda CRV 7 penumpang sepertinya kehadirannya sedikit mengecoh banyak pemerhati otomotif. Rencana kehadiran SUV 7 penumpang dari Honda memang sudah di santer terdengar saat sejumlah berita melansir pernyataan eksekutif-eksekutif Honda yang menyebut bahwa pabrikan Jepang itu tidak akan membiarkan Mitsubishi Pajero dan Toyota Fortuner bebas menguasai pasar. Namun sepertinya kebanyakan kita mengira Honda akan menghadirkan produk yang sama sekali baru, bukan mengubah produk yang sudah ada.

Tapi sekarang semuanya sudah jelas. Honda CRV 7 penumpang akan hadir sebagai penantang baru pasar SUV tanah air. Saat ini yang membuat Honda CRV tidak sekelas dengan Mitsubishi Pajero dan Toyota Fortuner memang bukan hanya soal kapasitas penumpangnya saja. Rupanya Honda juga menyadari hal itu. Karenanya selain menambahkan satu baris bangku penumpang di belakang, ukuran Honda CRV 2017 juga dimelarkan. Wheelbase-nya memanjang menjadi 2700mm sehingga dari sisi ukuran badan akan kurang lebih seimbang.

Honda CRV 7 Penumpang

Tidak sampai disitu. Kita juga tahu bahwa Mitsubishi Pajero dan Toyota Fortuner hadir dengan mesin diesel. Untuk sektor dapur pacu, Honda juga rupanya benar-benar menyiapkan lawan yang sebanding untuk masuk ke pasar yang sudah lebih dahulu dikuasai rival-rival tangguh sesama “ninja” tersebut. Untuk pertama kali dalam sejarah, Honda akan membenamkan mesin diesel ke bawah kap mesin Honda CRV.

Mesin Honda CRV Diesel 2017

Apakah Honda akan merelakan dirinya menjadi salah satu pemain di pasar SUV 7 penumpang? Pastinya tidak. Seperti biasanya, Honda pasti ingin merebut posisi pemimpin pasar. Untuk itu Honda membuat CRV 2017 tidak hanya sebanding dengan kedua kompetitornya itu tetapi juga menghadirkan keunggulan yang membuatnya bukan hanya sekedar berbeda merk dan model saja.

Mesin diesel Honda CRV 2017 bertajuk i-DTEC ini dirancang lebih hemat namun tetap bertenaga. Kapasitas mesinnya sendiri relatif kecil, hanya 1,6 liter alias 1600cc. Bandingkan dengan Mitsubishi Pajero yang mengusung mesin diesel berkapasitas 2500cc. Tapi dari kapasitas mungilnya itu, mesin diesel Honda CRV sanggup menghasilkan tenaga sebesar 160HP. Sebagai pembanding, dengan mesin berkapasitas 2500cc-nya Mitsubishi Pajero tipe Exceed dan GLX “hanya” memiliki tenaga 136PS (134HP). Sementara mesin berkapasitas 2400cc pada Mitsubishi Pajero tipe Dakkar yang berteknologi lebih canggih memiliki tenaga 181PS (178HP).

Dari sisi torsi, mesin diesel Honda CRV 2017 memiliki torsi 350NM yang dapat dicapai pada putaran mesin 2000RPM. Mitsubishi Pajero tipe GLX dan Exceed yang menggunakan mesin yang sama memiliki torsi 324NM yang dapat dicapai pada putaran 2000RPM. Sementara tipe Dakkar memiliki torsi maksimum 43oNM yang baru dapat dicapai pada putaran 2500RPM.

Jelas bahwa mesin diesel 1600cc milik Honda CRV 2017 jauh lebih tangguh baik dalam hal tenaga maupun torsi dibandingkan mesin diesel 2500cc milik Mitsubishi Pajero tipe GLX dan Exceed. Sementara itu mesin diesel milik Mitsubishi Pajero tipe Dakkar sedikit lebih baik dibandingkan dengan mesin Honda CRV 2017, tapi dengan kapasitas yang jauh lebih besar sehingga bisa dipastikan konsumsi bahan bakarnya juga jauh lebih tinggi.

Sektor transmisi juga menjadi salah satu keunggulan lain. Honda CRV 2017 akan hadir dengan transmisi otomatis CVT 9 percepatan. Lagi-lagi membandingkan dengan Mitsubishi Pajero, tipe GLX memiliki transmisi manual 5 percepatan, tipe Exceed dibekali transmisi otomatis 5 percepatan, sementara tipe Dakkar menggunakan teknologi paling canggih dibandingkan saudara-saudaranya, transmisi otomatis 8 percepatan.

Yang menarik adalah sistem pengendalian transmisinya. Untuk memilih posisi P, R, N, dan D tidak lagi menggunakan tuas tetapi menggunakan sistem tombol yang diadopsi dari mobil sport Honda Acura NSX. Versi yang akan segera muncul di Thailand dipastikan menggunakan sistem ini. Mudah-mudahan tidak dipangkas saat masuk ke Indonesia.

Mesin Bensin Honda CRV Turbo 2017

Sementara itu untuk mereka yang sudah terlanjur jatuh cinta dengan mesin bensin bawaan Honda CRV yang memang tangguh dan nyaman dikendarai, Honda tidak meninggalkannya begitu saja. Selain mesin diesel, Honda juga menawarkan versi mesin bensin untuk CRV terbaru ini. Mengikuti jejak Honda Civic yang hadir dengan mesin lebih kecil tapi menawarkan tenaga lebih besar, Honda mesin bensin untuk CRV 2017 juga disokong perangkat turbo. Dengan hembusan turbo, mesin yang hanya berkapasitas 1500cc ini mampu menyemburkan tenaga 174HP.

Sebagai perbandingan, mesin berkapasitas 1500cc tanpa turbo yang dipakai Honda Jazz hanya mampu menghasilkan tenaga 120HP saja. Mesin Honda CRV “lama” yang masih beredar saat ini terdiri dari 2 tipe. Mesin berkapasitas 2000cc memiliki tenaga 155PS (152,8HP). Sementara mesin berkapasitas 2400cc memiliki tenaga 190PS (187.3HP).

Launching Honda CRV 2017 Indonesia

Meskipun kehadiran Honda CRV 7 penumpang sudah dikonfirmasi oleh petinggi-petinggi Honda, waktu peluncurannya masih belum terkonfirmasi. Tapi kabarnya sih memang tahun ini. Ya wajar saja, namanya juga Honda CRV 2017, kan nggak lucu kalau diluncurkannya tahun 2018. Kalau sampai saat ini jadwal launching Honda CRV 2017 Indonesia belum ada, sepertinya kita akan disalip negeri tetangga. Seperti dilansir situs Indianautosblog, Thailand sudah pasti akan me-launching Honda CRV 2017 pada tanggal 29 Maret mendatang.

Jangan berkecil hati. Toh jarak dari Thailand ke Indonesia tidak jauh. Hehehe. Soal ini ya memang kita harus berlapang dada. Pusat produksi Honda yang berlokasi di Ayutthaya, Thailand memang merupakan basis produksi Honda bukan hanya untuk kawasan Asia Tenggara tetapi juga India dan negara-negara lain di sekitarnya. Jadi sabar dan siapkan dana untuk menebusnya saja.