Selama ini Honda memiliki kelebihan khusus dibanding pesaing-pesaingnya, karena mengusung merk yang sama, Honda bermain di dua medan, kendaraan roda 4 alias mobil dan kendaraan roda 2 alias sepeda motor. Sepertinya selain Honda, hanya Suzuki yang juga menggunakan merk yang sama untuk mobil dan motor.

Tetapi rupanya tanpa banyak publikasi Honda terus meoles impian lain selain memperbesar penguasaan pasar produk-produk otomotifnya, pesawat terbang. Menurut Michimasa Fujino, CEO yang turut membidani kehadiran Honda Aircraft Company, perwujudan mimpi Honda ini sudah dirintis sejak tahun 1986. Prototype pertama HondaJet mulai dirancang pada awal tahun 1990 sementara perusahaan yang khusus membidangi divisi penerbangan Honda secara resmi berdiri pada tahun 2006. Pesawat HondaJet terbang untuk pertama kalinya pada akhir tahun 2010.

Menjiwai filosofinya sendiri, the power of dream, perjuangan panjang Michimasa Fujino bersama Honda Aircraft Company akhirnya berbuah manis dengan terbitnya sertifikat FAA untuk HondaJet HA-420 pada tanggal 9 Desember 2015 lalu. Sebuah pencapaian yang langsung diikuti dengan produksi komersial.

Dibandrol dengan harga 4,85 juta dolar dengan berbagai opsi tambahan yang dapat mendongkrak harga sebesar sekitar 400 ribu dolar lagi, saat ini dari sekitar 100 unit yang sudah dipesan, 7 unit HondaJet HA-420 sudah dikirimkan kepada pembeli. Untuk memangkas waktu tunggu, Honda berencana untuk meningkatkan kapasitas produksinya ke kisaran 30-40 unit per tahun. Artinya memang pemesan masih harus menunggu cukup lama. Lalu layakkah menunggu begitu lama untuk memiliki sebuah HondaJet HA-420?

kokpit-pesawat-jet-hondatampang-depan-pesawat-jet-hondakabin-penumpang-pesawat-jet-honda

Spesifikasi HondaJet HA-420

HondaJet HA-420 masuk ke dalam klasifikasi pesawat jet ringan yang dalam istilah penerbangan internasional disebut light jet. Pesawat dengan bobot total maksimum – dengan penumpang, barang, dan bahan bakar penuh – seberat hampir 5 ton ini ditenagai oleh dua mesin turbofan bertipe HF120 yang dibuat oleh GE Honda Aero Engines. Penempatan mesinnya sendiri boleh dibilang unik. Kalau pada kebanyakan pesawat mesinnya digantung di bawah sayap, Honda justru memasang mesin HondaJet HA-420 ini di atas sayap.

Selain posisi mesin, hal lain yang juga cukup menarik perhatian dari tampang luar pesawat ini adalah winglet yang berukuran cukup besar di ujung sayap.

HondaJet HA-420 hanya memiliki kapasitas untuk mengangkut 4 penumpang saja, sementara tangki bahan bakarnya dapat menampung sekitar 1.3 ton bahan bakar di sekujur tubuhnya. Pesawat ini memang memiliki 4 tangki bahan bakar, selain satu tangki di masing-masing sayap, ada juga tangki di bagian tengah dan belakang pesawat.

Untuk sebuah pesawat kecil dengan 4 penumpang, ada cukup banyak tempat untuk menyimpan barang. Di belakang kompartemen penumpang ada ruangan seluas 1.6 meter kubik yang dapat menampung barang seberat sekitar 180 kilogram. Di dekat moncong ada juga ruangan kargo seluas sekitar 2.5 meter kubik yang dapat menampung hampir 100 kilogram barang. Hanya saja kedua ruang penampungan barang tersebut tidak bertekanan sehingga barang-barang yang perlu disimpan di tempat dengan tekanan udara normal harus dibawa ke dalam kabin.

Untuk ukuran pesawat kecil, HondaJet HA-420 memiliki jangkauan jelajah yang cukup luas. Dengan kecepatan maksimum 782 km/jam dan kecepatan jelajah 682 km/jam, pesawat ini dapat menjangkau jarak 2.234 kilometer sementara ketinggian terbangnya dapat mencapai 13.106 meter. Sebagaimana umumnya pesawat kecil, HondaJet HA-420 juga tidak menuntut landasalan panjang. Cukup 1,2 kilometer untuk take off, bahkan untuk landing jarak yang diperlukan kurang dari 1 kilometer.

Sebagai pesawat kecil dengan kapasitas penumpang sangat terbatas, HondaJet HA-420 dirancang untuk bisa diterbangkan sendiri oleh pemiliknya. Jangan membayangkan menerbangkan pesawat kecil seperti tokoh-tokoh petualang menerbangkan pesawat jadul. Honda justru memastikan bahwa keterampilan terbang terbatas tidak akan membahayakan dengan bantuan komputer dan sistem navigasi modern.