Setelah meluncurkan model terbaru dari varian bebek terlarisnya di Indonesia, Supra GTR 150, pabrikan sepeda motor Honda tiba-tiba menyedot perhatian dengan memunculkan Honda Supra GTR 150 Adventure untuk para penyuka petualangan di alam bebas. Selama ini kendaraan roda dua berkarakter adventure biasanya hadir dalam model trail atau enduro. Yang terakhir ini adalah motor segala medan yang menggabungkan antara ketangguhan trail dan kenyamanan motor cruiser.

Tak tanggung-tanggung, yang melansir berita ini adalah sebuah portal berita otomotif global berbahasa Inggris, Autoevolution.

Menyodorkan dua buah foto nyata, Autoevolution menyatakan Honda Supra GTR 150 Adventure yang dijepretnya itu merupakan model yang dirancang Honda di Indonesia. Meskipun sama sekali belum ada tanda-tanda bahwa motor tersebut akan dipasarkan secara global, Autoevolution sepertinya sangat yakin bahwa model ini merupakan sesuatu yang akan sangat diminati pasar.

Sejumlah sumber berita menyebutkan motor segala medan yang dikembangkan dari Supra GTR 150 yang baru saja diperkenalkan Honda di Indonesia ini akan segera diproduksi, sementara sumber-sumber lain menyebutkan bahwa model tersebut hanya merupakan prototype yang artinya entah akan diproduksi atau tidak. Tapi dari foto yang tertangkap kamera, sepertinya motor ini sudah siap meluncur di jalanan, baik jalan mulus maupun lintas off-road.

Pertanyaan yang diangkat Autoevolution justru bukannya “Apakah Supra GTR 150 Adventure akan benar-benar diproduksi?” tapi justru “Apakah Supra GTR 150 Adventure akan dijual ke mancanegara?” karena Autoevolution meyakini bahwa peminatnya pasti akan sangat banyak.

Honda nampaknya cukup serius dalam menggarap versi adventure dari Honda Supra GTR 150 ini karena ubahannya bukan hanya sekedar kosmetik tetapi memang dipersiapkan untuk medan yang lebih berat dari sekedar aspal. Dasar arsitekturnya sendiri dirombak dengan memindahkan mesin ke dalam rangka. Meskipun performa mesin relatif sama dengan Honda Supra GTR 150 versi standar, untuk melahap medan berat ground clearance-nya ditingkatkan. Sementara ban menggunakan ukuran 17″ sehingga mudah melibas halangan.

Apakah seperti ini persis tampilannya kalau nantinya benar-benar diproduksi? Bisa jadi tidak, karena model yang tertangkap kamera nampak dijejali banyak produk aftermarket sehingga tampangnya benar-benar sangar. Pertanyaannya apakah mesin 150cc Honda Supra GTR 150 ini akan sanggup digeber melibas medan berat? Bisa jadi kurang, tapi kalau dibandingkan dengan Kawasaki D-Tracker yang juga dibekali mesin berkapasitas 150cc, sepertinya cukup berimbang.

Selain itu mesin yang sama juga dipakai di beberapa model motor sport terbaru keluaran Honda yaitu CB150R, CBR150R, dan Sonic 150R.

Bagaimana kalau ternyata Honda tidak benar-benar memproduksi Supra GTR 150 Adventure? Tidak perlu terlalu kecewa. Setidaknya foto ini dapat memberikan ide bagaimana kita bisa memodifikasi Honda Supra GTR 150 standar supaya bisa bukan hanya bisa tampil gahar tapi juga cukup tangguh di segala medan.

Anda tertarik untuk memilikinya? Bersedia menunggu sampai Honda benar-benar memproduksinya lalu gigit jari kalau ternyata tidak, atau lebih memilih membeli Honda Supra GTR 150 standar lalu menggelandangnya ke bengkel untuk langsung dimodifikasi?