Kalau kita bicara mobil sport, mungkin yang muncul di benak anda adalah mobil-mobil eksotis modern seperti Ferrari Berlinetta, Lamborghini Aventador, atau mungkin yang lebih garang lagi seperti Bugatti Veyron, Hennessy Venom, bahkan Koenigsegg Regera. Mobil-mobil ini memiliki tenaga lebih dari 1000 tenaga kuda dan mampu melesat dengan kecepatan lebih dari 300 kilometer per jam.

Pada masanya, VW Karmann-Ghia dipasarkan dalam kelas mobil sport yang hadir dalam konfigurasi 2+2. Model kupe diproduksi mulai tahun 1955 sedangkan model convertible mulai diproduksi 2 tahun sesudahnya pada tahun 1957. Dengan beberapa penyempurnaan dan varian yang dihadirkan sepanjang masa produksinya, produksi Karmann-Ghia berlangsung sampai tahun 1974.

Dikembangkan dengan menggunakan chasis dan sistem mekanis VW Type 1 yang juga dipakai untuk VW kodok, mobil eksotis ini merupakan hasil kolaborasi antara perancang Luigi Segre dari perusahaan karoseri Ghia di Italia dan diproduksi secara manual oleh perusahaan otomotif lain, Karmann, di Jerman. Tidak salah kalau dikatakan sebagai mobil eksotis. Pakar desain industri terkemuka asal Amerika Serikat bernama Wakter Dorwin Teague memasukkan Karmann-Ghia ke dalam daftar produk dengan desain terindah di dunia.

Pada awalnya Karmann-Ghia hadir dengan kode Type 14. Pada tahun 1961, VW memperkenalkan juga Type 34 yang menggunakan chasis dan sistem mekanikal yang berbeda. Jika Type 14 memakai basis Type 1 yang dipakai oleh VW kodok, Type 34 menggunakan basis Type 3 yang dipakai model-model VW lain seperti Fastback, Notchback, dan Squareback. Yang terakhir lebih dikenal di Indonesia sebagai VW Variant. Meskipun masih menampakan banyak kemiripan, dari sisi rancangan bodinya model Type 34 ini jauh berbeda dari model Type 14.

Karmann-Ghia diproduksi di Jerman. Produksinya mencapai 445.000 unit hanya untuk type 14 saja. Kehadiran Type 34 melipat gandakan produksi Karmann-Ghia, menjadikannya mobil paling banyak dikirimkan ke Amerika Serikat. Selain itu 41.600 unit Karmann-Ghia juga diproduksi di Brazil untuk memenuhi pasar di kawasan Amerika Selatan bahkan sampai Afrika Selatan antara tahun 1962 dan 1975.

Sejarah VW Karmann-Ghia

VW Karmann-Ghia mengawali debutnya pada bulan Oktober 1953 saat dipamerkan sebagai konsep yang dirancang oleh Luigi Segre untuk Ghia pada acara Paris Auto Show.  Sementara itu pada awal tahun 50-an, VW memproduksi mobil murah, VW kodok, yang dikenal dengan sebutan Type 1. Dengan meningkatnya daya beli masyarakat setelah perang dunia kedua berakhir, para eksekutif VW melihat peluang untuk menghadirkan mobil yang lebih mewah. Untuk itu VW menjalin kerjasama dengan industri perakitan Karmann.

Mengantongi kontrak dengan VW, Karmann kemudian menjalin kerjasama dengan Ghia, sebuah perusahaan asal Italia, yang kemudian mengadopsi konsep yang tadinya diciptakan untuk Chrysler sehingga bisa dibangun di atas basis Type 1. Sebetulnya modifikasi dilakukan di kedua sisi, baik dari sisi design maupun dari sisi basis Type 1-nya sendiri yang terpaksa diperlebar.

Dari sisi proses manufaktur, Karmann-Ghia dibuat dengan teknik butt-welding yang kemudian dilanjutkan dengan proses manual yang tentunya memakan banyak waktu dan tenaga. Proses ini sangat berbeda dengan VW kodok yang menggunakan teknik baut untuk menyambung bagian-bagiannya. Tidak heran kalau kemudian harga Karmann-Ghia jauh lebih mahal, hampir dua kali lipat dari harga VW kodok dalam versi termurah.

Para eksekutif VW langsung jatuh cinta dengan prototype Karmann-Ghia, sehingga akhirnya pada bulan Agustus 1955 mulai diproduksi di Jerman. Ternyata bukan hanya para eksekutif VW saja yang langsung jatuh cinta. Pasar pun menyambutnya dengan antusias. Alhasil 10.000 Karmann-Ghia ludes terjual dalam tahun pertama.

Selain berbagi basis dari segi chasis dan mekanikal, VW Karmann-Ghia juga menggunakan mesin yang sama dengan VW Type 1. Mesin berkapasitas 1584cc ini menghasilkan tenaga 60 tenaga kuda. Jadi jangan berfikir bahwa dengan status mobil sport kemudian Karmann-Ghia dapat melesat seperti mobil-mobil sport masa kini. Dengan mesin yang sama, tentu performanya juta tidak akan jauh berbeda dari VW kodok.

Pada tahun 1974 VW menghentikan produksi Karmann-Ghia dan menggantinya dengan Porsche 914.

Karmann-Ghia Type 34

vw-karmann-ghia-type-34-depan

Pada tahun 1961 VW memperkenalkan VW 1500 Karmann-Ghia yang juga dikenal dengan Type 34. Tipe ini dirancang oleh insinyur Italian bernama Sergio Sartorelli dengan basis Type 3. Selain chasis dan sistem mekanikal, mesinnya juga menggunakan mesin Type 3 yang merupakan mesin VW baru berkapasitas 1500cc. Belakangan VW menghentikan produksi mesin Type 1 sehingga mulai tahun 1967 Karmann-Ghia Type 14 juga menggunakan mesin 1500cc.

Karmann-Ghia dihadirkan dengan kemewahan paripurna. Pada tahun 1962 diperkenalkan opsi yang dilengkapi dengan sunroof elektrik. Menjadikan Karmann-Ghia mobil kedua di seluruh dunia yang dilengkapi fitur modern ini.

Design Karmann-Ghia Type 34 menawarkan interior lebih luas dan ruang bagasi lebih besar. Lampu kabut yang pada saat itu masih merupakan barang baru, hadir di sisi eksterior. Selain itu juga dilengkapi kunci elektronik. Sementara itu interior juga dipoles lebih mewah lagi dengan dashboard yang terdiri dari bagian atas dan bawah, panel pintu, dan dudukan tangan alias armrest.

Sampai produksinya berakhir dan digantikan oleh Porsche 914, Karmann-Ghia merupakan mobil penumpang paling mahal dan paling mewah yang dibuat VW pada dekade 60-an. Harganya mencapai dua kali lipat harga VW kodok. Tidak heran kalau produksi Karmann-Ghia Type 34 ini juga tidak sebesar Type 14. Sepanjang masa produksinya antara tahun 1962 sampai 1967, VW hanya memproduksi 42.505 unit Karman-Ghia Type 34.

Tipe ini secara resmi tidak dijual di Amerika Serikat, meskipun ada cukup banyak unit yang masuk lewat jalur lain. Uniknya saat ini justru Amerika Serikat memiliki populasi Karmann-Ghia Type 34 terbanyak. Tercatat ada sekitar 400 unit masih tersisa di Amerika Serikat dari perkiraan sisa populasi sekitar 1500-2000 unit di seluruh dunia. Saat ini Type 34 termasuk salah satu model mobil klasik yang cukup langka dan karena itu harganya juga cukup tinggi. Di Amerika Serikat, unit yang sudah direstorasi dihargai di kisaran $25.000. Untuk bahan diperjual belikan di kisaran harga $8.000. Di Eropa harga pasarannya bahkan jauh lebih tinggi. Di Jerman negara asalnya, pada tahun 2010 lalu sebuah VW Karmann-Ghia lansiran tahun 1962 terjual dengan harga $34.000.

Spesifikasi VW Karmann-Ghia

Berikut adalah spesifikasi VW Karmann-Ghia Type 14 lansiran tahun 1963.

DIMENSI
Wheelbase: 2400mmLebar sumbu depan: 1306mm
Lebar sumbu belakang: 1288mm
Panjang bodi: 4140mm
Lebar bodi: 1634mm
Tinggi bodi: 1330mm
Bobot: 820kg
Kapasitas tangki: 40 liter

MESIN
Tipe: naturaly aspirated
Bahan bakar: bensin
Jumlah silinder: 4
Jumlah katup: 2 katup per silinder
Kapasitas mesin: 1192cc (1.2 liter)
Bore x stroke: 77 x 64 mm
Tenaga maksimal: 34HP pada putaran 3600RPM
Torsi maksimal: 82Nm pada putaran 2000RPM
Rasio kompresi: 7:1
Pasokan bahan bakar: karburator

PERFORMA
Akselerasi: 0 – 80km/jam dalam 16 detik
Kecepatan maksimum: 120km/jam