Sudah cukup lama diketahui bahwa Nissan sedang mempersiapkan generasi baru kendaraan MPV menengahnya yang dikenal di pasaran sebagai Nissan Serena. Hal itu terkonfirmasi setelah semakin banyak hasil intipan kamera yang beredar termasuk brosur yang sudah lebih dahulu bocor sebelum dipublikasikan secara resmi. Akhirnya sosok Nissan Serena 2016 baru ini bisa benar-benar kita lihat, termasuk spesifikasi dan informasi lainnya. Sesuai harapan banyak penggemarnya, Nissan Serena terbaru ini membawa perubahan yang cukup signifikan, bukan hanya tampang tetapi juga kelengkapan dan spesifikasinya.

Tampang Nissan Serena 2016 jauh berbeda dengan penampikan Nissan Serena yang beredar saat ini. Mengimplementasikan design grill yang kini menjadi ciri khas baru mobil-mobil keluaran masda yang dikenal dingan sebutan V-motion two-slate grille, selewat saja memang Nissan Serena baru ini nampak lebih agresif. Apalagi gril baru itu dipadukan dengan model lampu depan yang bertumpuk ala Toyota Vellfire. Bahkan jika Toyota Vellfire hanya memiliki tumpukan dua garis lampu depan, Nissan Serena baru memiliki tiga, karena sedikit terpisah, lampu kabut di bagian bawah bumper juga dirancang dengan bentuk tipis memanjang.

Kali ini Nissan bereksperimen dengan memberikan paduan dua warna pada Serena terbaru, dimana mulai dari seputaran jendela sampai atap diberi warna hitam. Dengan seluruh pilar jendela berwarna hitam, atap mobil ini jadi seperti mengambang terpisah dari bodi meskipun sebetulnya tidak. Sementara itu sepertinya designer-designer Nissan ingin memberikan ruang pandang ke sekeliling yang lebih leluasa bagi penumpang dengan membuat pilar A lebih tipis. Sementara itu sepanyang bagian kiri body, menyambung dari lampu depan sampai ke belakang, terdapat tonjolan bodi sehingga dari samping mobil ini nampak seperti memiliki pinggang.

Di bagian buritan, kedua lampu belakang masih ditempatkan tinggi mengapit kaca belakang. Tetapi sepertinya Nissan ingin mempertahankan kesan atap mengambang sehingga bagian lampu belakang yang pada Serena sebelumnya memiliki model tinggi sampai ke atap, kini dibuat lebih pendek, hanya kira-kira setinggi separuh kaca belakang saja. Sementara itu kaca belakang terkesan lebih lebar dari yang sebenarnya karena terdapat panel berwarna hitam di bawah kaca belakang sebelum bersambung dengan bodi yang diberi aksen krom memanjang.

Sementara itu untuk varian Highway Star yang merupakan kasta tertinggi dari setiap tipe mobil Nissan, disematkan bodykit yang membuatnya tampilan keseluruhan Nissan Serena ini jadi lebih agresif. Semakin memperkuat karakter V-motion grille di bagian depan, untuk tipe HWS ini dipercantik dengan bilah krom yang cukup lebat mengikuti kontur V-nya. Di bagian sisi terpasang sideskirt yang membuatnya menjadi lebih “membumi”. Model velg khusus untuk tipe HWS juga memiliki design yang berbeda. Nah berbeda dengan trend yang berkembang selama ini dimana tipe standar memiliki spion berwarna hitam sementara tipe diatasnya memiliki spion yang dicat sewarna bodi, pada Nissan Serena 2016 ini justru terbalik. Spion tipe HWS berwarna hitam sementara untuk tipe di bawahnya, termasuk tipe standar, dibuat sewarna dengan bodi.

Sayangnya karena saat ini baru diperkenalkan di Jepang, informasi mengenai harga Nissan Serena 2016 belum ada, tentunya kecuali harga untuk di Jepang sendiri yang pastinya akan sangat berbeda dengan harga Nissan Serena 2016 di Indonesia saat Nissan memboyongnya ke tanah air, itupun kalau Nissan benar-benar melakukan launching Nissan Serena 2016 di Indonesia. Sebagai catatan, Nissan tidak memasukan Serena generasi ke-3 secara resmi ke Indonesia. Nissan Serena yang beredar di Indonesia saat ini adalah generasi ke-4. Apa yang akan dilakukan Nissan Indonesia untuk Serena generasi ke-5 ini? Fihak Nissan Indonesia belum memberi pernyataan resmi mengenai hal ini.

Interior Nisan Serena 2016

nissan-serena-2016-baru-5

Melongok ke bagian dalam, Nissan juga tidak hanya merubah tampilan tetapi juga menawarkan tingkat kemewahan lebih tinggi. Bagian atas dashboard yang lebih lebar memberi kesan lebih lega, sementara konsol panel indikator yang lebih lebar memberi kesan modern karena menampilkan semua indikator dengan jelas secara digital. Sementara itu setir yang pada kebanyakan MPV mewah dibuat gambot, pada Nissan Serena 2016 ini justru dibuat lebih sporty, memberi kesan dinamis dan mudah dikendalikan. Di bagian tengah dasboard, diapit lubang AC yang nampak manis dengan sentuhan warna silver, terdapat pengendali utama hampir semua fungsi mobil. Selain ada deretan tombol pengendali AC dan tombol start untuk menghidupkan mesin, tuas versneling dan rem tangan juga ada di sini. Sementara itu yang paling dominan adalah layar LCD yang tidak hanya berfungsi menampilkan tapi juga mengendalikan karena merupakan panel touchscreen.

Soal kenyamanan, Nissan sendiri mengklaim bahwa Serena baru ini memiliki interior paling lega di kelasnya. Sepertinya klaim pabrikan bukan hanya sekedar isapan jempol. Kelegaan interior Nissan Serena 2016 ini bahkan terasa sampai ke bagian yang pada kebanyakan MPV terpinggirkan, bangku baris ketiga. Yang unik adalah pada tipe HWS untuk membuka pintu belakang tidak lagi diperlukan keterlibatan tangan kita untuk menarik handle atau bahkan hanya menekan tombol sekalipun. Jadi saat tangan kita sibuk dengan barang bawaan yang ingin kita masukan ke dalam bagasi, kita tidak perlu meminta pertolongan orang lain atau menaruh barang sementara supaya tangan kita bisa dipakai untuk membuka pintu. Cukup dengan menggerakan kaki di bawah pintu, maka pintu belakang akan otomatis terbuka. Tentu syaratnya kunci pintar harus ada bersama anda, entah di kantung celana atau di dalam tas.

Agar penumpang tetap dalam kondisi prima meskipun dalam perjalanan jauh, Nissan menyematkan teknologi “Zero Gravity” yang tadinya hanya tersedia pada sedan mewah keluarannya, Teana. Soal teknologi “zero gravity” ini akan kita bahas khusus secara terpisah. Mungkin Nissan memberikan perhatian khusus pada profil konsumen mobil. Pemilik MPV kelas bawah seperti Toyota Avanza biasanya menyetir sendiri, maka kenyamanan jok depan menjadi prioritas, sebaliknya pemilik MPV papan atas seperti Toyota Alphard biasanya wara-wiri dengan disopiri, karena itu jok belakang menjadi priorits. MPV kelas menengah seperti Nissan Serena bisa kesana kemari, sebagian pemilik menyetir sendiri sebagian lagi disopiri. Karena itu Nissan memberikan perhatian yang sama pada design jok depan maupun belakang. Selain tingkat ergonomi yang sama, penggunaan teknologi “zero gravity” juga dilakukan pada jok baris depan da baris kedua.

Sistem Keamanan Nissan Serena 2016

Berbagai teknologi terbaru dalam hal keselamatan tersedia pada Nissan Serena 2016. Emergency braking system, lane departure warning, around view monitor, dan smart rearview mirror, merupakan fitur keselamatan standar yang tersedia pada semua varian. Sementara untuk lebih memudahkan pengemudi dalam berkendara, intelligent park assist dan PilotPRO, teknologi Nissan dalam upayanya mengembangkan mobil yang dapat mengemudi sendiri. PilotPRO tidak hanya dapat mengendalikan pedal gas seperti teknologi cruise control, tetapi juga dapat mengendalikan rem dan setir sekaligus.

Spesifikasi Nissan Serena 2016

Pada tipe yang baru saja diperkenalkan di Jepang, serena mengusung teknologi S-Hybrid yang ditenagai mesin MR20DD berkapasitas 2000cc. Memiliki 4 silinder dengan CVTV ganda, mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 147 PS pada putaran mesin 5600 RPM. Sementara torsi yang dapat dihasilkan adalah sebesar 210 Nm pada putaran mesin 4400 RPM. Tenaga mesin disalurkan pada ban dengan transmisi CVT Xtronic. Untuk menghemat bahan bakar, terdapat fungsi idling stop yang mematikan mesin saat kendaraan dalam kondisi berhenti dan alternator deselerasi yang menyimpan tenaga yang terbuang saat deselerasi untuk dipergunakan menyokong mesin saat akselerasi nantinya. Supaya mesin tidak menyedot bahan bakar terlalu banyak saat mulai bergerak, dipasang sebuah motor listrik berkapasitas 1.8 kW/200 A yang dapat memberikan tambahan pasokan 50 Nm selama satu detik pada saat mobil mulai bergerak dari keadaan diam.

Nissan juga menyatakan bahwa mereka menambahkan penguatan struktur pada area seputar pintu belakang. Nissan juga menyempurnakan sistem suspensi yang diklaim membuat mobil tetap terkendali saat melakukan manuver ekstrim seperti ngepot mendadak saat menyalip.

Foto Nissan Serena 2016

nissan-serena-2016-baru-1nissan-serena-2016-baru-3nissan-serena-2016-baru-4nissan-serena-2016-baru-5nissan-serena-2016-baru-6nissan-serena-2016-baru-7nissan-serena-2016-baru-9nissan-serena-2016-baru-10nissan-serena-2016-baru-11nissan-serena-2016-baru-12nissan-serena-2016-baru-13nissan-serena-2016-baru-14