Selama ini mobil terbang sepertinya baru sekedar impian dan imajinasi. Tetapi siapa tahu tidak lama lagi kendaraan yang selama ini baru bisa kita lihat pada film-film ber-genre futuristis itu akan mulai berseliweran di jalanan, eh di udara, oh keduanya. Salah satu langkah besar menuju terwujudnya impian mobil terbang dimulai di Silicon Valley oleh sebuah perusahaan rintisan yang dinamai Zee.Aero. Meskipun sangat tertutup, sebuah dokumen pendaftaran paten akhirnya menunjukkan bahwa Zee.Aero sedang mengembangkan sebuah pesawat terbang berukuran kecil yang dapat terbang dan mendarat secara vertikal, sebuah mobil terbang.

Meskipun demikian perusahaan itu tetap sangat tertutup. Para karyawan yang sempat ditanyai media mengatakan bahwa mereka memang dilarang memberikan keterangan apapun. Para karyawan bahkan diberi panduan khusus mengenai cara menghindar dari kejaran pertanyaan awak media. Sehingga informasi yang didapat mengenai Zee.Aero dan proyeknya otomatis hampir tidak ada, kecuali bocoran dari pilot-pilot amatir yang pernah melihat pesawat kecil berbentuk aneh yang terbang dari lapangan terbang setempat.

Zee.Aero Merupakan Proyek Mobil Terbang Milik Larry Page

Lokasi kantornya yang persis berada di sebelah kantor pusat Google di Mountain View, Calif, langsung memicu spekulasi karena Google diketahui sangat sensitif dengan properti di seputaran kantor pusatnya itu. Belakangan diketahui bahwa Zee.Aero tidak dimiliki oleh Google maupun Alphabet sebagai holding company yang membawahi perusahaan-perusahaan di dalam kelompok usahanya. Tetapi tidak berarti Zee.Aero sama sekali tidak ada hubungannya dengan Google. Zee.Aero dimiliki oleh salah satu pendiri Google, Larry Page. Seperti dilansir Bloomberg, segelintir orang di lingkaran dalam mengatakan bahwa Larry Page mendanai Zee.Aero dari sejak didirikannya pada tahun 2010 lalu dari kocek pribadinya.

Konon mobil terbang merupakan impian masa kecil Larry Page yang mendambakan moda transportasi udara yang tidak terikat dengan banyak hal seperti terbang dan mendarat di tempat tertentu apalagi harus terikat dengan jadwal dan terbang dengan ratusan penumpang lain. Sehingga pesawat yang memiliki ukuran dan fleksibilitas seperti sebuah mobil penumpang  merupakan sesuatu yang ideal. Bisa terbang dari mana saja, kemana saja, kapan saja, persis sebuah mobil. Bahkan jika mobil masih terikat oleh jalanan, mobil terbang tidak lagi terpaku dengan lajur beraspal itu. Dan sebagai seorang genius berkantong tebal, Larry Page memiliki kesempatan untuk mewujudkan impian masa kecilnya itu.

Larry Page sebetulnya sudah berusaha keras agar hubungan antara dirinya dan Zee.Aero tidak diketahui publik. Bahkan para pegawai Zee.Aero tidak diperkenankan menyebut namanya selain dengan kode GUS, the guy upstairs, yang artinya orang di lantai atas. Sebutan itu datang dari kondisi kantor Zee.Aero itu sendiri. Menempati bangunan seluas 30.000 kaki persegi yang berlantai dua, Larry Page menggunakan lantai atas sebagai ruangan pribadinya, lengkap dengan ruang kerja, kamar tidur, kamar mandi, bahkan koleksi pribadinya seperti lukisan-lukisan mahal dan sebuah mesin roket SpaceX hadiah dari sahabatnya, Elon Musk.

Konon akses ke ruangan Larry Page di lantai atas bangunan itu sendiri sangat dibatasi. Para karyawan baru mengetahui apa yang ada di lantai atas setelah semua isinya dikeluarkan karena operasional Zee.Aero yang semakin membesar membutuhkan ruangan yang lebih luas sehingga Larry Page memutuskan untuk merelakan ruangan pribadinya dijadikan ruang kerja.

Perkembangan Zee.Aero Saat Ini

Diberitakan Bloomberg bahwa Zee.Aero terus berkembang dan saat ini mempekerjakan hampir 150 karyawan. Karena sudah mulai melakukan uji terbang, fasilitas operasinyapun sudah pindah ke sebuah hangar di Hollister, sebuah lapangan terbang kecil yang berjarak sekitar 70 menit berkendara dari kantor pusat Google. Di Hollister Zee.Aero saat ini tengah melakukan uji terbang terhadap dua prototype yang mereka buat. Selain itu Zee.Auto juga menguasai sebuah fasilitas rekayasa pada pusat penelitian dirgantara dan antariksa Ames Research Center milik NASA.

Zee.Aero sendiri tetap berusaha menutupi sedapat mungkin. Lapangan terbang tersebut hanya beroperasi setiap hari kerja mulai jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Sementara para insinyur Zee.Auto biasanya memilih menerbangkan prototype-prototypenya saat semua orang lain sudah pulang. Meskipun demikian, bagaimanapun sesuatu yang terbang ke udara akan mudah terlihat. Tidak heran kalau sejumlah pilot yang biasa bekerja di lapangan terbang Hollister sering melihat kemunculan prototype buatan Zee.Aero ini. Mereka menggambarkan kedua mobil terbang Zee.Aero memiliki bentuk berbeda. Yang pertama berbentuk ramping dengan kabin penumpang berbentuk seperti balon yang hanya dapat memuat satu orang. Untuk menggerakannya terdapat dua baling-baling di bagian belakang. Sementara protoype yang lain memiliki jejeran tiga baling-baling di masing-masing sisinya.

Meskipun mereka tidak mengetahui hubungan antara Zee.Aero dan Larry Page, orang-orang yang bekerja di lapangan tersebut meyakini bahwa perusahaan itu dimiliki orang yang sangat kaya dan cukup gila. Selain karena prototype yang mereka buat, Zee.Aero juga diketahui sangat memanjakan karyawan-karyawannya.

Larry Page Sangat Serius dengan Proyek Mobil Terbang

Selain Zee.Aero yang konon sudah menyedot lebih dari 100 juta dolar dari kantong pribadinya, Larry Page juga mendirikan Kitty Hawk. Sama-sama sangat tertutup, dari dokumen pendaftaran perusahaan diketahui bahwa Kitty Hawk dipimpin oleh Sebastian Thurn, orang kepercayaan Larry Page yang sempat memimpin divisi mobil otonom Google dan mendirikan divisi riset Google X. Baik Google, Larry Page, maupun Sebastian Thurn menutup mulut rapat-rapat mengenai Kitty Hawk.

Baru berdiri tahun 2015 lalu, Kitty Hawk memiliki sekitar selusin insinyur. Sebagian merupakan pindahan dari Zee.Aero, sebagian datang dari Aorovelo. Bloomberg juga mencatat Emerick Oshiro yang tadinya bekerja pada proyek mobil otonom Google dan David Estrada dari Google X sebagai kru Kitty Hawk. Aerovelo sendiri merupakan perusahaan rintisan yang menggondol hadiah Sikorsky Prize sebesar 250 ribu dolar pada tahun 2013 untuk keberhasilannya menciptakan helikopter bertenaga manusia yang sanggup melayang selama lebih dari 1 menit.

Sama-sama perusahaan rintisan, sama-sama berusaha membangun mobil terbang, alih-alih bekerja sama dengan Zee.Aero, Larry Page justru memposisikan Kitty Hawk untuk bersaing dengan Zee.Aero. Demikian tertutupnya dinding diantara kedua perusahaan tersebut, konon para insinyur Zee.Aero sering kali menebak-nebak apa yang kira-kira sedang dilakukan Kitty Hawk.

Masa Depan Mobil Terbang

Disokong kemampuan keuangan Larry Page yang sangat kuat dan puluhan insinyur cerdas, nampaknya impian akan hadirnya mobil terbang bukanlah sekedar angan-angan. Apalagi sudah banyak orang yang melihat prototype-prototype Zee.Aero benar-benar bisa terbang. Meskipun demikian hambatannyapun masih sangat banyak. Selain hambatan teknis pada akhirnya juga akan turut terlibat aspek-aspek dari sisi keselamatan bahkan peraturan pemerintah.