Sukses sejumlah produsen sepeda motor yang bermain di kelas bawah, di bawah 500cc rupanya mulai menarik sejumlah pabrikan yang tadinya selalu berfokus dengan motor-motor bermesin besar. Kita tentu masih ingat geliat sepeda motor bermesin 250cc di tanah air yang dimotori oleh Kawasaki Ninja lalu belakangan diikuti oleh merk-merk lain termasuk Honda, Yamaha, dan Suzuki. Baru-baru ini pabrikan asal Jerman BMW mulai menabuh genderang perang dengan menampilkan andalannya di beberapa pameran otomotif dunia khususnya kawasan Asia-Pasifik dimana motor-motor dengan mesin di bawah 500cc sangat populer.

Lalu apa keistimewaan BMW G310 R yang dipersiapkan BMW untuk menantang para penguasar pasar asal Jepang yang sudah terlanjur menancapkan kukunya di kelas motor ber-cc kecil ini?

Galeri Foto BMW G310 R

BMW-G310-R-Indonesia-2BMW-G310-R-Indonesia-3BMW-G310-R-Indonesia-4BMW-G310-R-Indonesia-5BMW-G310-R-Indonesia-6BMW-G310-R-Indonesia-7BMW-G310-R-Indonesia-9

Launching BMW G310 R di Indonesia

Secara internasional, BMW G310 R muncul dalam penampilan perdananya pada salah satu gelaran otomotif paling bergengsi Geneve Motor Show yang dihelat bulan Maret 2016 lalu. Meskipun demikian, India sudah terlebih dahulu melihat sosoknya sebulan sebelumnya, tepatnya pada acara Delhi Auto Expo 2016 bulan Februari 2016.

Kalau anda bertanya mengapa India mendapatkan keistimewaan tersebut? Jawabannya adalah karena sejak tahun 2013 lalu BMW sudah menjalin kerjasama dengan pabrikan kendaraan roda dua asal India, TVS, untuk mengembangkan motor-motor dengan kapasitas mesin di bawah 500cc. BMW G310 R ini merupakan salah satu dari buah kerjasama tersebut. Selain lebih dahulu melihat penampilan BMW G310 R ini, masyarakat India juga sepertinya akan menjadi yang pertama dapat memilikinya karena model ini diperkirakan akan mulai dipasarkan pada paruh kedua tahun ini, sebelum kemudian disusul kembarannya yang dipasarkan dengan bendera TVS, Akula 310.

Lalu apakah masyarakat Indonesia akan dapat menikmati keganasan naked bike besutan raksasa otomotif Jerman ini? Kalaupun tidak bisa mendapatkannya lewat jalur dealer resmi, pastinya toh tetap dapat dibeli melalui importir umum, meskipun pastinya harus merogoh saku lebih dalam. Jadi meskipun launching BMW G310 R di Indonesia masih menjadi tanda tanya besar, BMW diperkirakan akan mulai mengirim G310 R ke dealer-dealer resmi BMW di seluruh dunia pada penghujung tahun 2016 ini. Siap-siap saja menabung supaya dapat segera meminangnya.

Keistimewaan BMW G310 R

BMW G310 R dirancang untuk kenyamanan berkendara baik di dalam kota maupun untuk menjelajah jarak jauh. Lincah, mudah dikendarai, dan sporti, merupakan kata kunci dari gaya motor yang satu ini. Dengan mesin yang relatif kecil, tentunya bobotnya juga tidak terlalu berat, dan karenanya tetap nyaman dikendarai oleh mereka yang berpostur tubuh mungil sekalipun. Suatu bukti bahwa BMW memang menciptakan motor yang satu ini untuk difokuskan ke pasar Asia yang nota bene kebanyakan masyarakatnya bertubuh relatif kecil.

Meskipun relatif “jinak”, jangan pandang remeh motor bermesin 310 cc ini. Diturunkan dari DNA moge S1000 R membuat G310 R menyembunyikan ketangguhan luar biasa di balik posturnya yang relatif kecil. Posturnya memang kecil, bobotnya hanya 350lbs alias kurang dari 160kg dengan tangki penuh.

Di sisi mesin, batang silinder ke arah belakang dipadukan dengan kepala silinder yang diputar 180 derajat membuat titik gravitasi lebih rendah dengan arah tepat sejajar dengan roda depan. Sehingga meskipun hanya memiliki satu silinder saja, mesin 4-langkah berkapasitas bersih 313cc ini dirancang khusus untuk menghasilkan tenaga besar tetapi tetap mudah dikendalikan. Sementara di sektor konstruksi, swing arm yang lebih panjang tetapi lebih rendah membuat pengendalian jauh lebih stabil tanpa harus memperpanjang wheelbase.

Sementara itu soal keselamatan kita sudah sama-sama tahu, BMW merupakan salah satu produsen otomotif yang sangat memperhatikan faktor yang satu ini. Kalau di banyak motor lain ABS merupakan opsi yang bisa dipilih dengan konsekuensi terdongkraknya harga secara signifikan, BMW tidak mengkompromikan keselamatan untuk memangkas harga. Sejak tahun 2013, ABS terpasang sebagai kelengkapan standar pada semua motor BMW.

Tampilan BMW G310 R

Meskipun sudah mulai berseliweran model-model lain seperti model berfairing dan model trail, saat launching BMW G310 R akan hadir dalam tampilan naked bike. Lampu utama yang dirancang sangat sporty berpadu dengan sedikit fairing tetapi tidak sampai menutup mesin. Kombinasi lampu, fairing dan model tangkinya menegaskan bahwa BMW G31o R ini merupakan sebuah roadster. Mendukung indentitas tersebut, jok juga dirancang ergonomis demi kenyamanan berkendara terutama dalam perjalanan jauh. Selain jok, lebar stang dan posisi footrest juga dirancang sedemikian rupa sehingga pengendara tetap dalam kondisi fisik yang prima meskipun berkendara cukup lama.

Spesifikasi BMW G310 R

Mesin
Tipe: 4 langkah, 1 silinder, 4 katup, 2 overhead camshaft, lubrikasi basah, pendingin air.
Bore x stroke: 80mm x 62mm.
Kapasitas: 313cc.
Tenaga maksimum: 34hp pada RPM 9.500.
Torsi maksimum: 28Nm pada RPM 7.500.
Rasio kompresi: 10,6 : 1.
Pengelolaan bahan bakar: Injeksi elektronik.
Komputer mesin: BMS-E2.
Pengendalian emisi: Catalytic converter 3 langkah, memenuhi standar emisi EU-4.
Kecepatan maksimum: 90 mil/jam (sekitar 150 km/jam).
Konsumsi bahan bakar: 71 mil/galon (sekitar 30 km/liter).

Kelistrikan
Alternator: 330W.
Aki: 12 volt, 8 amper, tipe maintenance free.

Transmisi
Kopling: mekanis basah.
Transmisi: 6 percepatan.
Penyalur tenaga: rantai.

Roda dan Ban
Velg: Alumunium cor.
Ukuran velg depan: 3.0 x 17″.
Ukuran velg belakang: 4.0 x 17″.
Ukuran ban depan: 110/70 R 17.
Ukuran ban belakang: 150/60 R 17.

Rem
Depan: cakram tunggal 300mm dengan kaliper 4 piston.
Belakang: cakram tunggal 240mm dengan kaliper 1 piston.
ABS: standar BMW.

Dimensi
Panjang: 1.988 mm.
Lebar (termasuk spion): 896 mm.
Tinggi: 1.227 mm.
Tinggi jok: 785 mm.
Berat (dengan tangki penuh): 158,5 kg.
Total berat maksimum (termasuk penumpang): 345 kg.
Kapasitas tanki: 11 liter.
Kapasitas bahan bakar cadangan: 1 liter.