Banyak para pemilik Toyota Yaris melakukan beragam upaya untuk mendongkrak performa tunggangannya. Apalagi kalau bukan untuk membuat mobil ini lebih garang penampilannya, lebih besar tenaganya, dan lebih kencang larinya. Tentunya dengan berbagai modifikasi dan penggunaan aneka perangkat aftermarket kita bisa membuat sedikit perubahan. Tapi itulah persoalannya, sedikit perubahan saja bisa memaksa kita merogoh saku cukup dalam. Coba saja tanya harga satu set saluran buang aftermarket alias “knalpot racing”. Produk dengan merk ternama harganya bisa puluhan juta dan hanya sanggup menambah beberapa tenaga kuda saja.

Mungkin karena memahami keinginan sebagian konsumennya akan Toyota Yaris yang memiliki performa lebih tinggi itulah makanya kemudian Toyota memperkenalkan Yaris GRMN yang disebutnya masuk ke dalam katagori “hot hatch”.

Apa itu hot hatch? Mobil mungil tanpa buntut seperti Toyota Yaris yang dikenal dengan istilah hatchback ini biasanya memang ditujukan untuk perjalanan pendek di perkotaan. Penggunanya kebanyakan remaja atau kaum hawa. Jadi wajar kalau memang tidak dibekali dengan performa gahar. Hot hatch ini merujuk kepada jenis mobil hatchback yang “melawan takdir”. Modelnya hatchback yang artinya mungil tanpa buntut, tetapi memiliki tampang lebih garang, tenaga lebih besar, dan kecepatan lebih tinggi. Lebihnya tentu bukan hanya sekedar 10-20 tenaga kuda.

Toyota konon sudah memiliki nama untuk versi gahar Toyota Yaris ini. Namanya Yaris GRMN. Konon GRMN yang sekilas terdengar seperti jejeran huruf acak di belakang nama Yaris ini merupakan singkatan dari Gazoo Racing Masters of Nurburgring.

Dengan facade yang didominasi airdam berbentuk segi tiga yang melebar memenuhi hampir seluruh bumper, tampangnya memang sangar. Di masing-masing sisi airdam terdapat kisi-kisi pendingin rem yang mengelilingi lampu kabut. Sedikit di atas bumper, lampu yang menyipit seperti mata elang membuat mobil ini meskipun mungil tapi mempunyai kecepatan yahud. Sementara bagian belakang meskipun tampak lebih polos tetap menyiratkan kesan dinamis dengan knalpot berbentuk trapesium yang bercokol di kolong bemper yang dihiasi diffuser. Selain bentuk dan ukurannya yang tidak biasa, posisi lubang knalpot ini juga tidak biasa karena berada di bagian tengah. Mengimbanginya, di bagian atas kaca ada tailgate diffuser berwarna senada dengan spoilernya, hitam.

 

Buritan Toyota Yaris GRMN

Tampang yang menyiratkan performa dari Yaris GRMN ini bukan hanya fitur visual semata karena memang benar-benar diimbangi dengan mesin yang bercokol dibalik kap mesinnya yang nampak imut menyerupai paruh burung. Mesin berkapasitas 1.8 liter (setara dengan sekitar 1800cc) ini bekerja dengan sokongan supercharger sehingga mampu memuntahkan tenaga sampai 210 tenaga kuda. Bandingkan dengan performa Toyota Yaris yang beredar di tanah air yang dengan mesinnya yang berkapasitas sedikit lebih kecil tepatnya 1496cc hanya memiliki tenaga sebesar 106 tenaga kuda saja, kurang lebih separuhnya.

Pastinya dengan performa yang sangat garang untuk ukuran sebuah mobil kecil, pengendara tidak akan mau membiarkan mobil mengatur lajunya sendiri. Yaris GRMN ini hanya tersedia dengan transmisi manual dengan percepatan yang lebih dinamis dari mobil biasa, 6 percepatan. Sementara untuk menjinakan lajunya terpasang rem dengan ukuran yang lebih besar dari Yaris standar. Sementara suspensi selain memiliki kemampuan lebih tinggi juga diturunkan sehingga pengendaliannya dalam kecepatan tinggi lebih akurat.

Toyota Yaris WRC

Konon Yaris GRMN ini terinspirasi dari Yaris WRC yang diturunkan dalam ajang adu kecepatan medan berat paling bergengsi, World Rally Championship alias kejuaraan rally dunia. Setuju atau tidak, silahkan disimak foto-foto Yaris WRC berikut dan bandingkan sendiri dengan Yaris GRMN.

        

Toyota Yaris Versi Eropa

Mungkin anda bertanya-tanya mengapa tampang Toyota Yaris GRMN maupun Yaris WRC tidak mirip dengan Toyota Yaris yang kita kenal di tanah air. Nah ternyata memang Toyota Yaris untuk beberapa pasar tertentu memang berbeda. Coba simak tampang Toyota Yaris versi Eropa berikut ini.